Penanganan Anak Penderita ADHD Yang Aman dan Efektif

Kombinasi Penanganan Anak Penderita ADHD Yang Tepat

Penanganan Anak Penderita ADHD

Memiliki anak dengan ganguan ADHD atau hiperaktif harus memiliki kesabaran lebih. Anak dengan keadaan yang khusus seperti ini tetap harus diterima dengan perasaan positif dan bersyukur. Karena segala sesuatu yang diterima dengan baik, tidak menjadikan pemberian itu sebagai masalah akan tetapi suatu anugerah yang tetap harus di syukuri. Dengan penerimaan seperti ini akan membuat setiap orangtua menangani dengan perasaan yang ringan.

ADHD (attention defisit hiperactivity disorder) lebih banyak dikenal dengan istilah hiperaktif. Penderita ADHD mengalami kesulitan berkonsentrasi, hiperaktif dan impulsif. Gejala ini akibat adanya kegagalan perkembangan fungsi sirkuit atau jaringan otak yang bekerja menghambat monitoring dan kontrol diri. Gejala ini dapat di deteksi sejak masa kanak-kanak. Menurut para ahli siapa saja berpotensi mengalami ADHD, akan tetapi lebih mudah terdeteksi pada anak laki-laki daripada anak perempuan. Menurut penelitian ADHD mulai terdeteksi sejak anak berusia 6-12 tahun.

Gejala ADHD dan Penanganannya

Penanganan Anak Penderita ADHD

Anak-anak dapat digolongkan menderita gangguan hiperaktif/ADHD apabila muncul beberapa perilaku seperti

  1. Memiliki tingkat konsentrasi pendek

  2. Impulsif (bertindak spontan tanpa memikirkan konsekuensi terlebih dahulu).

  3. Sulit berdiam diri

  4. Tidak bisa duduk tenang

  5. Tidak bisa mendengar dengan tenang saat diajak berbicara

  6. Perhatiannya mudah teralihkan

  7. Kurang berhati-hati atau kurang memperhatikan

  8. Mudah lupa

  9. Suka Mengingau saat tidur

  10. Kesulitan menunggu antrian

  11. Menjawab pertanyaan sebelum diberi kesempatan menjawab

  12. Gelisah dan terburu-buru

  13. Mudah bosan

  14. Minder

  15. Sulit berinteraksi dengan orang lain

Gangguan ADHD berkaitan dengan kinerja dan perkembangan otak, faktor yang mempengaruhi munculnya ADHD diantaranya

  1. faktor yang berasal dari gen orangtuanya.

  2. Faktor kimiawi pada otak (neurotransmitter) yang tidak seimbang.

  3. Kinerja otak pada area pengontrol perhatian tampak kurang aktif

Tipe ADHD dapat dikelompokkan menjadi :

  1. ADHD Tipe Kombinasi

Pada tipe ini anakkurang mampu memperhatikan aktivvitas permainan atau sesuatu yang dia kerjakan, perhatian mudah terpecah dan mudah kehilangan.

  1. ADHD Tipe Predominan Kurang Memperhatikan

Pada tipe ini anak cenderung pendiam, mudah melamun tidak mendengarkan saat diajak berbicara, pelupa dan tidak mampu mengikuti instruksi.

  1. ADHD Tipe Predominan Hiperaktif Impulsif

Pada tipe ini anak sangat energik, tidak bisa duduk diam, dan mudah menjadi perhatian seluruh kelas karena perilakunya yang aktif.

Penanganan ADHD

Penanganan Anak Penderita ADHD

Penangan Anak Penderita ADHD dapat dilakukan dengan tindakan : pemberian Obat, konseling, pelatihan/pendidikan. Untuk terapi ADHD digunakan obat golongan stimulant. Obat-obatan dengan golongan stimulant berfungsi sebagai pengontrol sikap hiperaktif adan impulsif. Jadi terapi atau pengobatan ADHD bertujuan untuk mengurangi gejala ADHD dan mengontrolnya saja. Pengobatan dan terapi adalah kombinasi penanganan anak penderita ADHD yang tepat.

Setiap anak dengan gangguan ADHD tetap membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang cukup dari orang-orang sekitarnya. Orangtua dan saudara kandung adalah lingkungan terdekat dengan anak penderita ADHD yang berpotensi membantu proses penyembuhan atau penanganan anak penderita ADHD. Bersikap sabar dan penuh pengertian, memberikan latihan terus menerus adalah kewajiban yang layak dilakukan oleh orangtua dan saudara kandungnya. Dibutuhkan waktu dan perhatian ekstra dari orang-orang sekitar supaya terapi yang diberikan bisa membawa perbaikan.

  1. Beberapa tips terapi yang bisa diberikan sebagai Penanganan Anak Penderita ADHD diantaranya:

  1. Latih anak penderita ADHD untuk membereskan barang milik pribadi seperti mainan kesukaan, buku dan yang lainnya.

  2. Berikan mainan edukatif seperti puzzle, leggo, mainan bongkar pasang, worksheet mewarnai gambar dan lain sebagainya. Mainan ini bisa melatih fokus dan kesabaran anak

  3. Menyeleksi mainan berupa game online atau aktifitas menonton, karena membuat anak menjadi malas dan pasif dan membuat anak meniru gerakan-gerakan yang kurang baik seperti kekerasan fisik.

  4. Memilih asupan dan nutrisi yang memenuhi gizi seimbang pada anak. (konsultasikan kepada Dokter anak penderita ADHD diet makanan yang tepat)

  5. Berkomunikasi dengan anak dengan penuh minat dan perhatian sehingga memahami apa yang anak butuhkan dan inginkan.

Diagnosa ADHD

Tidak semua gejala keaktifan adalah gejala ADHD karena banyak anak yang sehat juga sangat aktif dan sering membuat anaknya kewalahan. Sejumlah pemeriksaan fisik dan psikologis dari dokter anak dan ahli psikiatri bisa mendeteksi dengan tepat gejala ADHD pada anak.

Pengobatan Pada Penderita ADHD

Penanganan Tahap awal ketika mengetahui anak memiliki gangguan ADHD adalah dengan berkonsultasi dengan spesialis tumbuh kembang anak atau dokter spesialis anak. Untuk kemudian meminta penanganan-penanganan berikutnya.

Pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan golongan stimulant berfungsi untuk mengontrol dan mengurangi gejala ADHD. Jenis-jenis obat yang diberikan pada umumnya adalah jenis methylpenidate, dexamfetamine, lisdexamfetamine, atomoxetine, dan guafacine.

Obat-obatan jenis Methylpenidate, Dexamfetamine, lisdexamfetamin, termasuk golongan stimulan, yang mampu memicu peningkatan aktivitas otak, terutama pada bagian yang area yang mengontrol kemampuan konsentrasi dan perilaku.

Methylpenidate diberikan pada penderita ADHD berusia 6 tahun, dan untuk dexamfetamine diberikan pada anak usia 3 tahun. Pemberian obat dapat disesuaikan dengan dengan kondisi anak, apakah sesuai dengan kondisi anak penderita ADHD. Obat tipe  Atomoxetine adalah jenis obat Selecitve Nonadrenalin reuptake Inhibitor (SNRI) yang berfungsi meningkatkan kadar senyawa non adrenalin dalam otak sehingga dapat membantu daya konsentrasi dan mengendalikan impuls. Obat guafacine berfungsi untuk konsentrasi dan sekaligus menurunkan tekanan darah.

Penggunaan obat pada Penanganan Anak penderita ADHD juga memiliki efek samping misalnya sakit kepala, gangguan pencernaan, berkurangnya nafsu makan. Penggunaan atomoxetin harus lebih diwaspadai karena menimbulkan efek yang lebih serius seperti gangguan hati dan memicu keinginan bunuh diri. Jadi terapi pengobatan harus sepengetahuan dokter dan atau psikiatri.

TNM juice vitamin anak adalah vitamin yang dianjurkan untuk Penanganan Anak Penderita ADHD. Vitamin TNM juice berasal dar bahan alami yang aman tanpa menimbulkan efek samping. Vitamin TNM juice mampu meningkatkan produksi Serotonin dan melatonin di otak agar emosi anak lebih teratur. Jadi TNM juice berfungsi membantu anak hiperaktif menjadi lebih tenang. Anda dapat memperoleh TNM Juice melalui situs yang kami cantumkan yaitu website http://vitaminanak.net/autis/. Beberapa testimoni orangtua dengan anak penderita ADHD menunjukkan khasiat dari vitamin ini.

Anak dengan gangguan ADHD tidak boleh dibiarkan tanpa penanganan yang benar. Pengobatan dan terapi yang tepat penuh kesabaran dan continu akan membantu panganganan Anak Penderita ADHD untuk mengalami perkembangan yang semakin baik. Karena gangguan ADHD tidak sama dengan kenakalan anak-anak yang harus dilalui dan hilang dengan sendirinya. Jika tidak ditangani akan mengalami masalah-masalah yang meresahkan keluarga dan masyarakat.

Selain dengan terapi obat dan vitamin dapat juga diberikan terapi bermain dan terapi “aturan”.

Pada terapi bermain anak diajak melalui proses bermain untuk mempelajari banyak hal, seperti belajar mengenal rule/aturan, mengendalikan emosi, belajar antri, belajar membuat perencanaan.

Pada terapi aturan / Back in control

Program ini berbasis pada aturan artinya dengan terapi ini anak di disiplinkan untuk patuh. Training untuk membuat aturan di rumah diberikan kepada orangtua, sehingga dengan sistem dan aturan yang ada diharapkan anak mengalami perubahan perilaku. Untuk info harga dan cara pesan TNM silahkan masuk ke website http://vitaminanak.net/autis/.

4

Apa Itu TNM dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Untuk Info Lengkap Mengenai TNM Silahkan Tekan Tombol "Klik Disini" Di Bawah Ini 

3

Hey, Apakah Anak atau Kenalan Anda Menderita Autis?

Kami Bisa Mengirimkan Banyak Tips Masalah Autis Seperti Diatas ke Email Anda

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini

Dapatkan Semua Tips Tentang Autis Sekarang, Gratis!

Isi Form Dibawah Ini !

(Rekomendasi Dokter)

enter website vitamin anak autis

Mohon Diisi Pak/Bu

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Email Anda

Semoga Semua Anak Autis Di Indonesia Semakin Sehat Ke Depan Dengan Tips Autis Ini.

Bagikan Juga ke Teman-Teman Ya!